Cerita Lahiran Pervaginam di RS Pakai BPJS Kesehatan, Gratis Tis!

Cerita Lahiran Pervaginam di RS Pakai BPJS Kesehatan, Gratis Tis!

Punya asuransi BPJS adalah mandatori negara. Wajib! Tapi, mungkin nggak semua orang pernah menggunakan fasilitas itu. Alasannya ribet rujukan ini itu. Ada juga yang beralasan: kalau pakai BPJS pelayanannya beda. Itu juga yang pernah saya pikirkan dulu.

Jujur saja, saya juga baru pernah pakai BPJS tahun lalu. Tepatnya waktu lahiran Aurumi, anak kedua saya. Aurumi lahir 2 Agustus 2022. 

Waktu lahiran anak pertama (2018), nggak pakai BPJS karena mikir ah barangkali ribet atau pelayanannya beda. Semua bayar sendiri, di-reimburse kantor. Padahal waktu lagi bersakit-sakit di IGD petugasnya juga nanya: pakai BPJS apa enggak? 

Waktu itu saya bilang: enggak, biaya sendiri aja. Soalnya takut klo bilang pakai BPJS dikasih tindakannya entar-entaran. Udah sakit, suruh nunggu lama lagi (Padahal mungkin nggak gini juga yhaa) Maklum, pengalaman pertama. Pelajaran: jangan suudzon  

Sebelumnya, waktu periksa kehamilan Aurora, si anak pertama juga selalu periksa di rumah sakit dg Obygyn yg bayar sendiri (reimburse kantor) jadi nggak pernah nanya-nanya soal BPJS.

Nah, hamil anak kedua ini berbeda. Selain mungkin karena sudah punya pengalaman ketika hamil anak pertama dulu, jadi saya ngerasa cukup periksa di Faskes 1, bidan yang ada USG, nggak perlu ke Obygyn.

Selain itu ada alasan biaya juga dan waktu tunggu yang lama banget kalau di rumah sakit. Pernah dulu waktu hamil Aurora periksa sampai jam 11 malam. Tak ingin kuulang lagi, hehehe. 

Meskipun periksa di Faskes 1, saya juga ga pernah pakai BPJS. Alasannya, faskesnya bukan yg tertera di kartu. 

Padahal  ganti faskes itu (ternyata) gampang banget. Cuma klik-klik dari aplikasi saja. Jadi, ini sebenernya pelajaran: jangan males 😌

Sebenernya, bidan di faskes 1 juga udah bilang dari awal: kalau punya BPJS mah dipakai aja, sayang udah dibayar tapi nggak dipakai. 

Saya baru mulai serius cari tahu fasilitas apa yg bisa saya dapat kalau melahirkan sekitar sebulan jelang HPL. Saya mulai tanya-tanya. Ternyata, bisa loh melahirkan pakai BPJS itu. Pun, lokasinya nggak harus sesuai KTP. 

Saya yg KTP Bekasi bisa-bisa saja lahiran pakai BPJS di mana pun. Kenapa? Karena darurat.  FYI sy lahiran di Banjarnegara. 

Biasanya, dijelaskan kalau mau pake BPJS harus lewat faskes 1 dulu kan, pakai rujukan, tapi ini nggak berlaku buat melahirkan. Gimana caranya? Masuk lewat IGD. Kalau lewat poli, kayaknya nggak bisa. Kalau operasi caesar perlu rujukan dulu dari faskes 1. 

Disclaimer dulu yaa: ini pengalaman saya, orang lain mungkin beda tergantung rumah sakit. Qadarullah saya ketemu RS dekat rumah yg pro-BPJS. Semua pelayanan tidak dibedakan pasien BPJS dan non-BPJS. Pelayananya juga sat set sat set. 

Dulu, pengalaman nganterin suami berobat pake BPJS di IGD salah satu RS ga begini soalnya. Waktu ditanya BPJS apa enggak, si petugasnya bilang: klo BPJS nanti ya bu 🥲

Tips melahirkan pakai PBJS: survei dulu rumah sakitnya, pro BPJS apa enggak. Tanya detail alur-alurnya. Catatan lagi: ini proses melahirkannya saja yg pakai BPJS kalau priksa Obygyn sebelumnya nggak pakai BPJS ya sis. Untuk kontrol pasca melahirkan bisa pakai BPJS kalau melahirkannya pakai BPJS.

Jadi, buat yang punya BPJS, manfaatkanlah  sebaik-baiknya. Itu sangat membantu. Terimakasih BPJS 

Komentar